Sabtu

Sarang Tawon

Di kepalamu 
ada sarang tawon yang besar dan rapuh. 
Bertengger dengan rapih
diantara batang dan daun kepalamu.

Sekali aku lewat depan kepalamu.
Kepalaku dibuat terusik 
oleh sarang tawonmu itu.
Dua kali aku lewat depan kepalamu.
Kepalaku ingin mengusik
sarang tawonmu itu.

Sesekali pula aku usik sarang tawonmu.
Aku lempari dengan krikil
dibawah pohon kepalamu.
Duduakali lagi aku usik
dengan melempari api ke sarang tawonmu.
Api itu ku pungut dibawah pohon kepalamu.

Seketika itu sarang tawonmu pecah.
Ratusan tawon bungah
keluar dari kepalamu.
Ratusan madu meluber keluar
membasahi batang kepalamu
dan memenuhi kolam pot kepalamu.

Aku pun melompat 
pada kolam pot kepalamu. 
Menyelam dalam madu milikimu.
Arus dalam kolam pot kepalamu
sungguh tenang.

Aku melihat sebuah sarang tawon kecil
dalam kolam pot kepalamu.
Aku sentuh dengan jari kecilku. 
Lalu, retak dan berlubang sarang tawon kecil itu.

Semua madu dikolam pot kepalamu, 
batang kepalamu, dan daun kepalamu 
tersedot dalam sarang tawon kecil itu.

Aku pun terhempas dari kepalamu, 
dan melihat kepalamu mulai kering.
Tiba-tiba diantara batang kepalaku dan daun kepalaku
tumbuh seekor tawon, dan membuat sarang tawon dikepalaku.

(Maret, 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar